10 Cara Agar Hidup Lebih Tenang dan Damai

Image

10 Cara Agar Hidup Lebih Tenang dan Damai

Senantiasa dirundung cemas, stres , atau tertekan? Coba ikuti langkah-langkah berikut ini! hidup anda akan terasa lebih indah, tenang, dan menyenangkan.

Dalam hidup ini, terdapat banyak hal yang dapat membuat kita terasa tertekan, panik, atau stres, misalnya karena tugas sekolah menumpuk, teman tak bersahabat, konflik dengan keluarga, dll. “Hidup ini bagaikan berlian. Adapun warnanya, tergantung dari mana orang melihatnya,” begitu kata-kata orang bijak. Ucapan itu memang benar. Dalam hidup ini banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengubah kecemasan menjadi ketenangan dan kedamain. Berikut ini kiatannya.

  • Perbaiki Presepsi tentang Diri Sendiri

Sebaiknya, anda berhati-hati dalam menilai diri sendiri. Mengapa? Karena diri kita terbentuk dari apa yang kita pikirkan. Ibarat sebuah kebun, pikiran yang baik akan menghasilkan buah yang baik. Sebaliknya, pikiran buruk akan menghasilkan buah yang buruk pula. Ulas kembali pikiran anda, pusatkan pikiran pada harapan dan keberhasilan, bukan pada keputusan dan kekalahan. Tak jarang perubahan dalam cara berfikir dan memandang suatu masalah dapat menjadi jalan menuju ketentraman jiwa.

  • Membantu Orang yang Mmbutuhkan

Beberapa penelitian menunjukkkan bahwa mereka yang meluangkan waktunya untuk membantu orang lain ternyata lebih bahagia dan tenang jiwanya. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di Michigan, Amerika Serikat membuktikan bahwa mereka yang aktif dalam kegiatan amal atau organisasi di luar rumah lebih panjang umur dan sehat dari pada yang lebih senang berdiam diri. Menurut para ahli, hal itu disebabkan karena tubuh mereka yang senang menolong itu memproduksi helper’s high, yaitu sejenis senyawa kimia otak yang berfungsi meningkatkan mood.

  • Berjalan Kaki

Salah satu cara tercepat untuk mengubah perasaan stres menjadi tenang adalah dengan berjalan kaki. Sebuah penelitian yang yang dilakukan di California State University, Amerika Serikat, membuktikan bahwa jalan kaki selama 10 menit dapat membangkitkan mood lebih cepat dan tahan lama daripada makan permen. Memang, rasa manis dari permen dapat menimbulkan semangat, tetapi biasanya seperempat jam kemudian anda akan merasa lebih lelah. Sebaliknya, dengan berjalan kaki semangat dan energi yang muncul dapat bertahan lebih lama. Oleh karena itu, jika suatu saat pikiran sedang mumet atau semangat telah menurun, segeralah langkahkan kaki anda. Kemudian, berjalan selama 10 menit.

  • Mendengarkan Musik

Di abat 18, seorang penulis terkenal asal  Jerman, Jean Paul Friedrich Richter, pernah menyebutkan: “dalam kehidupan manusia, musik itu bagaikan bulan purnama di kegelapan malam,” tulisanya. Ternyata, kini para ahli telah membuktikan kebenaranya. Musik memang mampu menenangkan saraf yang menegang. Bahkan, menurut beberapa ahli penyakit jantung di Amerika Serikat, mendengarkan musik selama seperempat jam dapat menghasilkan pengaruh yang sama denga pemakaian 10 mg obat penenang valium. Penelitian lain menunjukkan bahwa musik juga dapat menurunkan tekanan darah, metabolisme dasar, serta tingkat respirasi, sehingga mengurangi respon spikologis terhadap stres. Oleh karena itu, jika ingin menciptakan perasaan damai dan tenang, carilah salah satu musik yang paling disukai. Nyalakan dan dengarkan musik itu di hari-hari yang penuh dengan stres. Anda akan merasakan lebih santai dan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s